Peringati Hari Anak Sedunia, Polda Maluku Open House Edukasi Anak-anak

Peringati Hari Anak Sedunia, Polda Maluku Open House Edukasi Anak-anak

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku menggelar Open House Polda Maluku untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, Kamis (24/11/2022).

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku menggelar Open House Polda Maluku untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, Kamis (24/11/2022).

Open house merupakan rangkaian kegiatan "Polda Maluku Kalesang Anak-anak" yang digelar Polwan Polda Maluku dan Pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Anak Sedunia pada Jumat (25/11/2022) besok ini juga sekaligus deklarasi "Anti Kekerasan Terhadap Anak" serta melounching lagu "menjaga diri" dan gerakannya.

Lagu tersebut merupakan ciptaan Grace Syahailatua, Bhayangkari Daerah Maluku yang juga merupakan seorang anak dari Polwan Polda Maluku. Sedangkan gerakannya diciptakan oleh Polwan Polda Maluku. 

"Tujuan lagu dan gerakan ini dibuat adalah sebagai sarana edukasi agar anak-anak bisa menjaga dirinya sendiri dan memahaminya lewat gerak dan lagu," ungkap Pakor Polwan Polda Maluku, AKBP Rositah Umasugi.

Edukasi terhadap anak terkait kekerasan seksual, kata Rositah juga telah dilaksanakan sebelumnya di sejumlah sekolah. Pembelajaran tersebut diberikan kepada anak mulai dari tingkat TK sampai dengan SMA, bahkan SLB.

"Kami sudah mengedukasi tentang pencegahan kekerasan seksual kepada anak sekolah (mulai dr TK sampai SMA, bahkan SLB) totalnya 20 sekolah di wilayah Maluku selama 2 minggu. Ini agar anak-anak bisa menjaga diri sendiri. Dan pada kesempatan kali ini, dilakukan deklarasi yang menyatakan bahwa "Anak-Anak berharga, Polri peduli, stop kekerasan terhadap anak," ungkapnya.

Kegiatan hari ini, kata dia, melibatkan anak-anak dari berbagai sekolah yang pernah didatangi Polwan Polda Maluku sebelumnya. 

"Sebagaimana penyampaian Pak Kapolda bahwa hari ini Polda Maluku open house untuk anak-anak," jelasnya.

Menurut Rositah, kegiatan yang dilakukan Polwan Polda Maluku ini menyikapi maraknya kasus kekerasan terhadap anak-anak akhir-akhir ini, khususnya di kota Ambon dan wilayah kabupaten.

"Sehingga kami memberikan edukasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak sehingga anak mampu menjaga diri dan tadi juga sudah di launching lagu menjaga diri di mana lagu tersebut juga diciptakan oleh Bhayangkari Polda Maluku dan dinyanyikan juga oleh anak dari Polwan Polda Maluku," sebutnya.

Mantan Kapolres Maluku Tengah ini mengajak seluruh orang tua agar sama-sama dapat menjaga anak-anak. Karena anak adalah harta yang berharga dan nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan ke depan.

"Tadi disampaikan oleh bapak Kapolda juga agar kita selalu berdoa mudah-mudahan salah satu dari anak-anak yang hadir di sini bisa menjadi Kapolda dan berada di Polda Maluku ini," pungkasnya.

Bagikan ke teman kamu